Yes, im a proud mamah

Yayyy!!! Alhamdulillah, akhirnya bisa meluluskan kanja menjadi anak asi ekslusif. Bangga, senang skali rasanya. 

15 bulan yang lalu, saya yg baru yang sedang hamil minggu ke 4 tidak begitu ngeh kenapa kak eka, kak reny heboh mempromosikan "nanti mega harus kasi ASI ya buat anaknya". Dalam pikiran saya, emang ada ibu yg gak kasi ASI yah buat anaknya?  

Waktu berjalan, kak reny dan kak eka masih sibuk mempromosikan "nanti ikut seminar ASI, smart parenting class ya mega" masih bingung sebenernya kenapa sepertinya menjadi seorang ibu itu harus heboh. 

Sejalan dengan janin yg terus berkembang, naluri ibu pun mulai keluar. Timbul rasanya perasaan saya ingin sekali memberikan yang terbaik untuk anak saya nanti. Mulailah saya mencari2 info ttg ASI, mulai dari buku, selebaran, twitter, ikut gabung milis aimi-asi, dengar cerita sana sini, sampai saya jg ikut seminar ttg ASI seperti yg disarankan oleh kak reny dan kak eka. 

Ternyataaaaaa.... ASI itu sangat penting sodarah2.. sangat penting! Saya ulang sekali lagi SANGAT PENTING
Sebelumnya dimata saya yg awam tentang ASI ini, hanya sebatas perintah dalam Al-quran yg mewajibkan bagi ibu untuk menyusui anaknya s/d 2 th. Saya tidak begitu tau manfaat dari ASI itu sendiri. Saya yakin pasti beberapa calon ibu baru diluar sana jg berpikiran yg sama. 
Tapi... Wahai calon ibu dari anak2 hebat dan sehat sedunia.. Plis, baca, cari tau ttg manfaat ASI itu. Plisssss!!!!! 

Banyak sekali ternyata cobaan saat kita bertekad memberikan ASI ekslusif pada anak kita. Antara lain : yg pertama keluarga, lalu rumah sakit (entah itu dokternya apalagi suster dan bidannya), yg terakir adalah lingkungan. 

Hari pertama si buah hati keluar cobaan yg akan muncul adalah "asi belum keluar". Nah kalo ada keluarga yg tidak support maka akan ada respon "kasi sufor aja". 
Lalu datanglah si mbak bidan dan suster yg gak mau repot jg bakal blg "biar anaknya gak rewel kasi sufor aja" 
HELL-O mbaknya!!! Yaaa tugas elau sbg bidan en suster bantuin gmn asi gueh keluar. Dan tugas elau jg kalau anak gueh rewel elau bantuin diemin dong!!!!! 
Kalian harus gtu ya dear mom to be.. 

Pokoknya harus ngotot!! 

Dan cobaan yg akan muncul berikutnya adalah asinya seret, asinya dikit. 
Saya jg pernah mengalami hal yg sama dimana saat mau ngantor eh stok asi dikit. Stres, eh malah gak kluar dong ASInya. Beruntungnya saya punya Bos kayak kak reni en kak eka. Saya dpt banyak ilmu buat jd smart parent dari mereka. Ilmunya : semakin ASI sring dikeluarin maka semakin banyaklah dia. Jadi sering2lah pompa!!! Dan hati harus riang gembira. Kalo gak suka jantung pisang, daun katuk, yaudh makan apa aja. Yg penting sehat dan senang saat memakannya. (Saya aja asi boosternya sejauh ini baskin robbins, goreng ubi, red velvet. Kurang gak sehat apa itu. Haha) 

Okeh, then cobaan berikutnya menuju ke asi ekslusif 6 bulan adalah ketika mbaknya, masnya, tantenya, omnya mulai rese' bilangin "oh anaknya kayaknya masih laper, kasi pisang aja
No thanks, mba, mas, (se)tan. Anak saya asi eksklusif. 
"Dih org tua kita dulu jg anak umur 4 bulan udh dikasi pisang kitanya, en sekarang kita sehat2 aja kan?!" 
Kalo udh gtu jurus saya adalah pasang senyum lebar dan bilang "iya gpp" dan langsung melipir. 
Dalam hati saya, "YA ITU URUSAN GUEH, ANAK KAN ANAK GUEH. KALO ANAK GUEH MASUK RUMAH SAKIT ELAU MAU BAYARIN EMANG?!!!!!" 

Intinya, kita nya harus tau dulu manfaat pentingnya ASI buat calon anak kita. Abis itu kuatin diri kalo kita bakal emang ngasi asi ekslusif buat anak kita. 

Kalo ada yg nanya "ASI mega banyak?", jawaban ENGGAK! Saya gak punya stok sekulkas kayak pejuang2 asi lainnya. Tapi alhamdulillah ASI saya cukup buat kanja. Sehari kanja kalo ditinggal kantor mimiknya 400-500ml. Nah saya pompa deh tu dirumah subuh jam 5, dikantor jam stengah 11, sama jam 3. Kalo hasilnya kurang 500ml dari total ketiganya nanti saya usahain pompa stengah 6 dimobil perjalanan pulang kantor. Daaaan alhamdulillah sampailah dibulan ke enam ini. Saya berniat akan tetap memberikan ASI sampai 2 th kanja. Doain ya :) 


Banyak diluar sana, ibu2 yang tidak memberikan ASI untuk anaknya. Bukan karena tidak mau. Tapi rata2 banyaknya yg tidak tau. Tidak tau manfaatnya, tidak tau caranya, tidak tau solusinya. Dear mom to be, and mom already.. Buat anak, apa sih yang gak?! Ya kan?! 
;) 



Komentar

  1. Balasan
    1. Waaakk.. Ngapa kauu ikutin aku terus wak. Aku dah sembunyi padahal disini ðŸ˜ŦðŸ˜Ŧ
      Plis wak aku mau hidup tenang

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan ditiru ya.

Berbagi tips toilet training.

Cinta Jannati