Berbagi tips toilet training.

Banyak teori dan tips tentang toilet training ini. Dlu sih mama anja kafi ilmunya dapet dari nonton chanel yutub Dr. Tiwi. Gampangnya dimulai dengan BAB alias pup. Biasanya kan kalo bayi2 kita keliatan tuh kalo lg pup. Beda ama klo lg pipis. 


Kalo anak pertama saya, anja dlu kalo dia pup pasti lgsg lari dan ngumpet dibalik pintu. Nah ketika mamak udh ngeh tanda2nya lgsg deh mamak ajakin buat pup di wc. Mulai dari beliin doi toilet training seat yg gambarnya lucu2. Dan kasi tau ke doi kalo nanti mau pup, pupnya di wc pakai toliet training seat yg keren ini (peres dikit biar anak hepi ðŸĪŠ) Nah ketika ada tanda2 pup lgsg ajakin doi buat pup di wc. Tp jangan berharap lgsg berhasil ya. Inget bgt pertama x kafi anak kedua saya saat berumur 10 bulan ook di wc, baru mau didudukin di wc eeeh udh penuh dluan di pempesnya wkwk.. Tapi jangan nyerah.. akan ada masanya dimana dia bakal di tahap bisa tahan keluarin pupnya sampai bener2 duduk di wc.


Nah ketika training pup udh lulus, baru lanjut ke BAK alias pipis. Mama anja mulai dari latian pagi sampai sebelum bobok siang tanpa pampers. Jadi bangun tidur pagi, ajakin pipis wc dan lgsg lepas pampers. Pertama setiap setengah jam ajakin ke wc, lama2 boleh setiap 1 jam ajakan ke wcnya, buka celana dan ajakin pipis. Daaaan lagi. Plis jangan berharap lgsg berhasil. Wkwkwk. Pernah mama anja ajakin anja pipis udah duduk di toilet katanya gak ada ada pipis. Pas mau pakein celana, soooooor pipis dong di kasur ðŸĪŠ jarak 2 menit doang dari ajakan ke wc sebelumnya. 


Nah ketika anak udh paham rasa mau pipis, barulah berlanjut ke lepas pampers pas tidur siang. Tipsnya sebelum bobok siang ajak pipis, dan bangun tidurnya jg lgsg ajak ke wc. 


Lulus tidur siang tanpa pempers, dan sudah paham rasa mau pipis, tahap tersulit adalah lepas pampers pas bobok malam ðŸĪĪ disni sudah dipastikan kebocoran alias ngompol akan sering kita hadapi. Tipsnya belilah alas sprei anti ompol biar gk pipis gak kena ke kasur. Dan tips lainnya dari Dr. tiwi kalo anak tidur trus kayak gelisah garuk2, atau mereng kiri kanan coba bangunin dan ajak ke wc. Tapiii lama2 doi pasti bisa ngeh sendiri dan bisa bangun sendiri kalo doi mau pipis. 


Dan tips teakir adalah ingat harga pampers mahal biar kita susah2 dikit tapi bisa alokasiin pengeluaran pempes buat jajan skincare ðŸ™ˆðŸĪŠ Semoga bermanfaat ✌🏞



Komentar

  1. Selalu seru baca cerita tentang TT. Kebahagiaan tak terkatakan kalau sudah berhasil 😍😍

    BalasHapus
  2. Masya Allah mba', PR anakku tinggal lepas pospak malam 😁

    BalasHapus
  3. wahhh alhamdulillah aku udh melewati masa ini, walau kadang malem-malem masi suka ngompol hehe,, akhirnya biaya pospak bisa dialihinbuat skincare mamak wahaha

    BalasHapus
  4. Wahhh..... Bermanfaat sekali mbak.... Buat bekal ngajarin calon dabay nanti. Terima kasih sharingnya.... 💕

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan ditiru ya.

Cinta Jannati